Program
Semester
Satuan Pendidikan : SMA N 1 Prajekan
Kelas/Semester :
XI/1
Mata Pelajaran :
Fisika
Kompetensi Inti :
3.
Memahami, menerapkan,
dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Bulan
|
||||||||||||||||||||||||||||
Juli
|
Agustus
|
September
|
Oktober
|
November
|
Desember
|
|||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3*
|
4
|
5
|
1*
|
2
|
3
|
4*
|
5
|
1
|
2
|
3*
|
4
|
1
|
2*
|
3
|
4
|
5*
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
3.1 Menerapkan konsep torsi, momen
inersia, titik berat, dan momentum sudut pada benda tegar (statis dan
dinamis) dalam kehidupan sehari-hari.
4.1 Membuat karya yang menerapkan konsep
titik berat dan kesetimbangan benda tegar
|
Bab 1
Keseimbangan dan Gerak Rotasi
A.
Kinematika Gerak Rotasi
B.
Dinamika Gerak Rotasi
C.
Keseimbangan Benda Tegar
D.
Titik Berat Benda
|
LIBUR SEMESTER
|
MPLS
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PHB
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PAS
|
|
L
I
BUR
|
|||
4.2 Melakukan
percobaan tentang sifat elastisitas suatu bahan berikut presentasi hasil dan
makna fisisnya.
|
Bab 2
Elastisitas dan Hukum Hooke
A.
Sifat Elastisitas Bahan
B.
Sifat Elastisitas Pegas
C.
Susunan Pegas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
3.3 Menerapkan hukum-hukum fluida
statik dalam kehidupan sehari-hari.
4.3
Merencanakan dan melakukan percobaan
yang memanfaatkan sifat-sifat fluida statik, berikut presentasi hasil dan
makna fisisnya.
|
Bab 3
Fluida Statik
A.
Tekanan Hidrostatik
B.
Hukum Pascal
C.
Hukum Archimedes
D.
Tegangan Permukaan dan Meniskus
E.
Kapilaritas
F.
Viskositas dan Hukum Stokes
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
3.4 Menerapkan prinsip
fluida dinamik dalam teknologi.
4.4
Membuat dan menguji proyek sederhana yang menerapkan prinsip
dinamika fluida, dan makna fisisnya.
|
Bab 4
Fluida Dinamik
A.
Fluida Ideal
B.
Persamaan Kontinuitas
C.
Hukum Bernoulli
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
3.5 Menganalisis pengaruh kalor dan
perpindahan kalor yang meliputi karakteristik termal suatu bahan, kapasitas,
dan konduktivitas kalor pada kehidupan sehari-hari.
4.5
Merencanakan dan melakukan percobaan tentang karakteristik termal
suatu bahan, terutama terkait dengan kapasitas dan konduktivitas kalor,
beserta presentasi hasil dan makna fisisnya.
|
Bab 5
Suhu, Kalor, dan Perpindahan Kalor
A.
Pengaruh Kalor terhadap Zat
B.
Asas Black
C.
Pemuaian Zat
D.
Perpindahan Kalor
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
3.6 Memahami teori kinetik gas dan
karakteristik gas pada ruang tertutup.
4.6 Mempresentasikan laporan
hasil pemikiran tentang teori kinetik
gas, dan makna fisisnya.
|
Bab 6
Teori Kinetik Gas
A.
Persamaan Gas Ideal
B.
Teori Kinetik Gas Ideal
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|||
3.7 Menganalisis
perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan Hukum Termodinamika.
4.7 Membuat karya/model penerapan
Hukum I dan II Termodinamika, dan makna fisisnya.
|
Bab 7
Hukum Termodinamika
A.
Usaha dan Berbagai Proses dalam Termodinamika
B.
Hukum I Termodinamika
C.
Hukum II Termodinamika
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
*UH :
Ulangan Harian
Mengetahui,
Bondowoso, 10 Juli 2018
Kepala
SMAN 1 Prajekan Guru Mata Pelajaran
Fisika,
Drs.
Misyari
Edy Widodo,
S.Pd
NIP.
19590520 199003 1 005
NIP. 19690624
919512 1 002
|
|
Program
Semester
Satuan Pendidikan : SMA N 1 Prajekan
Kelas/Semester :
XI/2
Mata Pelajaran :
Fisika
Kompetensi Inti :
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
- Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di
sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Bulan
|
||||||||||||||||||||||||||||
Januari
|
Februari
|
Maret
|
April
|
Mei
|
Juni
|
|||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
3.8 Menganalisis karakterisitik
gelombang mekanik.
4.8
Mengajukan gagasan penyelesaian
masalah tentang karakteristik gelombang mekanik misalnya pada tali.
|
Bab 8
Gelombang Mekanik
A.
Pengertian Gelombang
B.
Karakteristik Gelombang Mekanik
C.
Jenis-Jenis Gelombang Mekanik
D.
Gelombang pada Permukaan Air
E.
Gelombang Seismik
F.
Kecepatan Perambatan Gelombang Mekanik
G.
Sifat-Sifat Gelombang Mekanik
|
LIBUR
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
LIBUR
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
PAT
|
|
|
LIBUR SEMESTER
|
||
3.9 Menganalisis besaran-besaran
fisis gelombang berjalan dan gelombang
stasioner pada berbagai kasus nyata.
4.9
Melakukan percobaan gelombang
berjalan dan gelombang stasioner, beserta presentasi hasil dan makna
fisisnya.
|
Bab 9
Gelombang Berjalan dan Gelombang Stasioner
A.
Mengenal Gelombang Berjalan dan Gelombang
Stasioner
B.
Gelombang Berjalan
C.
Gelombang Stasioner
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3.10 Menerapkan
konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi.
4.10 Melakukan
percobaan tentang gelombang bunyi dan/atau cahaya, berikut presentasi hasil
dan makna fisisnya misalnya sonometer, dan kisi difraksi.
|
Bab 10
Gelombang Bunyi
A.
Karakteristik Gelombang Bunyi
B.
Sumber dan Kecepatan Gelombang Bunyi
C.
Efek Doppler
D.
Pelayangan
E.
Intensitas dan Taraf Intensitas Bunyi
F.
Pemanfaatan Gelombang Ultrasonik
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3.10 Menerapkan
konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi.
4.10 Melakukan
percobaan tentang gelombang bunyi dan/atau cahaya, berikut presentasi hasil
dan makna fisisnya misalnya sonometer, dan kisi difraksi.
|
Bab 11
Gelombang Cahaya
A.
Pemantulan Cahaya
B.
Pembiasan Cahaya
C.
Dispersi Cahaya
D.
Difraksi dan Interferensi Cahaya
E.
Polarisasi Cahaya
F.
Teknologi LCD dan LED
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3.11 Menganalisis
cara kerja alat optik menggunakan sifat
pemantulan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa.
4.11 Membuat karya yang menerapkan prinsip pemantulan dan/atau
pembiasan pada cermin dan lensa.
|
Bab 12
Alat-Alat Optik
A.
Mata
B.
Kamera
C.
Lup (Kaca Pembesar)
D.
Mikroskop
E.
Teropong
F.
Teleskop Radio
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
3.12 Menganalisis gejala pemanasan
global dan dampaknya bagi kehidupan serta lingkungan.
4.12 Mengajukan ide/gagasan penyelesaian masalah gejala
pemanasan global dan dampaknya bagi kehidupan serta lingkungan
|
Bab 13
Pemanasan Global
A.
Efek Rumah Kaca
B.
Penyebab Terjadinya Pemanasan Global
C.
Dampak Pemanasan Global
D.
Pencegahan Pemanasan Global
E.
Pengendalian Pemanasan Global
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
||
Mengetahui,
Bondowoso, 10 Juli 2018
Kepala SMAN 1 Prajekan Guru
Mata Pelajaran Fisika,
Drs. Misyari
Edy Widodo, S.Pd
NIP. 19590520 199003 1 005
NIP. 19690624 919512 1 002
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar