Silabus Kelas XI MIPA - Pembelajaran Fisika SMA

SMA N 1 Prajekan Bondowoso

Home Top Ad

Minggu, 28 Oktober 2018

Silabus Kelas XI MIPA


Silabus

Satuan Pendidikan            : SMA N 1 Prajekan
Semester/Kelas                 : Ganjil/XI
Mata Pelajaran                 : Fisika
Kompetensi Inti                 :
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara    mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan  Pembelajaran
3.1     Menerapkan konsep torsi, momen inersia, titik berat, dan momentum sudut pada benda tegar (statis dan dinamis) dalam kehidupan sehari-hari.
4.1     Membuat karya yang menerapkan konsep titik berat dan kesetimbangan benda tegar
Bab 1
Keseimbangan dan Gerak Rotasi


     Mengamati demonstrasi mendorong benda dengan posisi gaya yang berbeda-beda untuk mendefinisikanmomen gaya.
      Mendiskusikan penerapan keseimbangan benda titik, benda tegar dengan menggunakan resultan gaya dan momen gaya, penerapan konsep momen inersia, dinamika rotasi, dan penerapan hukum kekekalan momentum pada gerak rotasi.
      Mengolah data hasil percobaan ke dalam grafik, menentukan persamaan grafik, menginterpretasi data dan grafik untuk menentukan karakteristik keseimbangan benda tegar
      Mempresentasikan hasil percobaan tentang titik berat
3.2      Menganalisis sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari hari.
4.2      Melakukan percobaan tentang sifat elastisitas suatu bahan berikut presentasi hasil dan makna fisisnya.
Bab 2
Elastisitas dan Hukum Hooke
      Mengamati dan menanya sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari-hari
      Mendiskusikan pengaruh gaya terhadap perubahan panjang pegas/karet  dan melakukan percobaan hukum Hooke dengan menggunakan pegas/karet, mistar, beban gantung, dan statif secara berkelompok
      Mengolah data dan menganalisis hasil percobaan ke dalam grafik, menentukan persamaan, membandingkan hasil percobaan dengan bahan pegas/karet yang berbeda, perumusan  tetapan pegas susunan seri-paralel
      Membuat laporan hasil percobaan dan mempresentasikannya
3.3     Menerapkan hukum-hukum fluida statik dalam kehidupan sehari-hari.
4.3     Merencanakan dan melakukan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida statik, berikut presentasi hasil dan makna fisisnya.
Bab 3
Fluida Statik
     Mengamati tayangan video/animasi tentang penerapan fluida dalam kehidupan sehari-hari, misal dongkrak hidrolik, rem hidrolik
     Melakukan percobaan yang memanfaatkan sifat-sifat fluida untuk mempermudah suatu pekerjaan.
     Menyimpulkan konsep tekanan hidrostatis, prinsip hukum Archimedes dan hukum Pascal melalui percobaan
     Membuat laporan hasil percobaan dan mempresentasikan penerapan hukum-hukum fluida statik
3.4     Menerapkan prinsip fluida dinamik dalam teknologi.
4.4     Membuat dan menguji  proyek sederhana yang menerapkan prinsip dinamika fluida, dan makna fisisnya.
Bab 4
Fluida Dinamik

     Mengamati informasi dari berbagai sumber tentang persamaan kontinuitas dan hukum Bernoulli  melalui berbagai sumber, tayangan video/animasi, penerapan hukum Bernoulli misal gaya angkat pesawat
     Mengeksplorasi kaitan antara kecepatan aliran dengan luas penampang, hubungan antara kecepatan aliran dengan tekanan fluida, penyelesaian masalah terkait penerapan azas kontinuitas dan azas Bernoulli
     Membuat ilustrasi tiruan aplikasi Azas Bernoulli (alat venturi, kebocoran air, atau sayap pesawat) secara berkelompok
     Membuat laporan dan mempresentasikan hasil produk tiruan aplikasi azas Bernoulli
3.5    Menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan kalor yang meliputi karakteristik termal suatu bahan, kapasitas, dan konduktivitas kalor pada kehidupan sehari-hari.
4.5    Merencanakan dan melakukan  percobaan tentang karakteristik termal suatu bahan, terutama terkait dengan kapasitas dan konduktivitas kalor, beserta presentasi hasil dan makna fisisnya.
Bab 5
Suhu, Kalor, dan Perpindahan Kalor

     Mengamati peragaan tentang simulasi pemuaian rel kereta api, pemanasan es menjadi air, konduktivitas logam (almunium, besi, tembaga, dan timah), tayangan hasil studi pustaka tentang pengaruh kalor terhadap perubahan suhu benda,  pengaruh perubahan suhu benda terhadap ukuran benda (pemuaian), dan  perpindahan kalor secara konduksi, konveksi dan radiasi
     Melakukan percobaan tentang pengaruh kalor terhadap suhu, wujud, dan ukuran benda, menentukan kalor jenis atau kapasitas kalor logam dan mengeksplorasi tentang azas Black dan perpindahan kalor
     Mengolah data dan menganalisis hasil percobaan tentang kalor jenis atau kapasitas kalor logam dengan menggunakan kalorimeter
     Membuat laporan hasil percobaan dan mempresentasikannya
3.6     Memahami teori kinetik gas dan karakteristik gas pada ruang tertutup.
4.6     Mempresentasikan laporan hasil  pemikiran tentang teori kinetik gas, dan makna fisisnya.
Bab 6
Teori Kinetik Gas


     Mengamati proses pemanasan air misalnya pada ketel uap atau melalui tayangan video dan animasi  tentang perilaku gas
     Mendiskusikan dan menganalisis tentang penerapan  persamaan keadaan gas dan hukum Boyle-Gay Lussac dalam penyelesaian masalah gas di ruang tertutup, ilustrasi hubungan tekanan, suhu, volume,  energi kinetik rata-rata gas, kecepatan efektif gas, teori ekipartisi energi, dan energi dalam
     Presentasi kelompok hasil eksplorasi menerapkan persamaan keadaan gas dan hukum Boyle dalam penyelesaian masalah gas di ruang tertutup

Keterangan:
 *         : Ulangan Harian

Mengetahui,                                                                      Bondowoso, 10 Juli 2018                  
Kepala SMAN 1 Prajekan                                                   Guru Mata Pelajaran Fisika,



Drs. Misyari                                                                                   Edy Widodo, S.Pd
NIP. 19590520 199003 1 005                                              NIP. 19690624 919512 1 002






















Silabus

Satuan Pendidikan            : SMA N 1 Prajekan
Semester/Kelas                 : Genap/XI
Mata Pelajaran                 : Fisika
Kompetensi Inti                 :
1.      Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.      Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3.      Memahami, menerapkan, dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
4.      Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara    mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Kegiatan  Pembelajaran
3.7    Menganalisis perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan Hukum Termodinamika.
4.7    Membuat karya/model penerapan Hukum I dan II Termodinamika, dan makna fisisnya.
Bab 7
Hukum Termodinamika

     Mengamati proses pengukuran suhu suatu benda dengan menggunakan termometer atau melihat tayangan video pengukuran suhu badan dengan termometer (Hukum ke-Nol), gerakan piston pada motor bakar (Hukum I Termodinamika), dan entropi
     Mendiskusikan hasil pengamatan terkait Hukum ke-Nol, Hukum I dan II Termodinamika dan memecahkan masalah tentang siklus mesin kalor, siklus Carnot sampai dengan teori Clausius Clayperon), entropi
     Menyimpulkan hubungan tekanan (P), volume (V) dan suhu (T) dari mesin kalor dan siklus Carnot dalam diagram P-V
      Mempresentasikan hasil penyelesaian masalah tentang siklus mesin kalor, siklus Carnot sampai dengan teori Clausius-Clayperon, grafik p-V dari siklus mesin kalor dan mesin Carnot
3.8     Menganalisis karakterisitik gelombang mekanik.
4.8     Mengajukan gagasan penyelesaian masalah tentang karakteristik gelombang mekanik misalnya pada tali.
Bab 8
Gelombang Mekanik

      Mengamati peragaan gejala gelombang (pemantulan, pembiasan, difraksi dan interferensi, dan polarisasi) dengan menggunakan tanki riak, tayangan berupa foto/video/animasi
     Mendiskusikan gelombang transversal, gelombang, longitudinal, hukum pemantulan, pembiasan, difraksi, interferensi dan mengeksplorasi penerapan gejala pemantulan, pembiasan, difraksi dan interferensi dalam kehidupan sehari-hari
     Membuat kesimpulan hasil diskusi tentang karakteristik gelombang
     Mempresentasikan hasil percobaan tentang gelombang
3.9     Menganalisis besaran-besaran fisis  gelombang berjalan dan gelombang stasioner pada berbagai kasus nyata.
4.9     Melakukan percobaan gelombang berjalan dan gelombang stasioner, beserta presentasi hasil dan makna fisisnya.
Bab 9
Gelombang Berjalan dan Gelombang Stasioner

     Mengamati  demonstrasi menggunakan slinki/ tayangan video/animasi tentang gelombang berjalan
     Mendiskusikan persamaan-   persamaan gelombang berjalan, gelombang  stasioner
     Mendemonstrasikan dan atau  melakukan percobaan  Melde untuk menemukan hubungan cepat rambat gelombang dan tegangan tali secara berkelompok
     Mengolah data dan menganalisis hasil percobaan Melde untuk menemukan hubungan cepat rambat gelombang dan tegangan tali.
     Membuat laporan tertulis hasil praktikum dan mempresentasikannya
3.10 Menerapkan konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi.
4.10 Melakukan percobaan tentang gelombang bunyi dan/atau cahaya, berikut presentasi hasil dan makna fisisnya misalnya sonometer, dan kisi difraksi.
Bab 10
Gelombang Bunyi

Bab 11
Gelombang Cahaya
     Mengamati foto/video/animasi tentang pemeriksaan janin dengan USG, penggunaan gelombang sonar  di laut, bunyi dan permasalahannya, karakteristik cahaya, difraksi, dan interferensi.
     Mendiskusikan tentang cepat rambat bunyi, azas Doppler, intensitas bunyi, difraksi kisi, interferensi
     Melaksanakan percobaan untuk menyelidiki fenomena dawai dan pipa organa, menyelidiki pola difraksi, dan interferensi
     Presentasi hasil diskusi tentang cepat rambat bunyi, azas Doppler, intensitas bunyi, dawai, pipa organa, difraksi kisi dan interferensi
3.11 Menganalisis cara kerja alat optik menggunakan sifat       pemantulan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa.
4.11 Membuat karya yang menerapkan prinsip pemantulan dan/atau pembiasan pada cermin dan lensa.
Bab 12
Alat-Alat Optik

     Mengamati gambar/video/animasi penggunaan alat optik seperti kacamata/lup pada tukang reparasi arloji, teropong,  melalui studi pustaka untuk mencari informasi mengenai alat-alat optik dalam kehidupan sehari-hari
      Menganalisis tentang prinsip pembentukan bayangan dan perbesaran pada kaca mata, lup, mikroskop, teleskop dan kamera
     Membuat teropong sederhana secara berkelompok
     Presentasi kelompok tentang hasil merancang dan membuat teropong sederhana
3.12  Menganalisis gejala pemanasan global dan dampaknya bagi kehidupan serta lingkungan.
4.12 Mengajukan ide/gagasan penyelesaian masalah gejala pemanasan global dan dampaknya bagi kehidupan serta lingkungan
Bab 13
Pemanasan Global

     Mengamati tayangan melalui artikel/foto/video tentang dampak pemanasan global yang didukung dengan informasi  dari berbagai sumber, aktifitas manusia yang mengakibatkan berbagai dampak pemanasan global, efek rumah kaca, dan perubahan iklim
     Mendiskusikan dan menganalisis fenomena pemanasan global, efek rumah kaca, perubahan iklim serta dampak yang diakibatkan bagi manusia,  hasil-hasil kesepakatan Global IPCC, Protokol Kyoto, dan APPCDC
     Membuat laporan dan presentasi hasil kerja kelompok.

Keterangan:
 *         : Ulangan Harian

Mengetahui,                                                                             Bondowoso, 10 Juli 2018                  
Kepala SMAN 1 Prajekan                                                          Guru Mata Pelajaran Fisika,



Drs. Misyari                                                                  Edy Widodo, S.Pd
NIP. 19590520 199003 1 005                                         NIP. 19690624 919512 1 002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar