Silabus
Satuan Pendidikan : SMA
N 1 Prajekan
Semester/Kelas :
Ganjil/XI
Mata Pelajaran :
Fisika
Kompetensi Inti :
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan,
dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
Keterangan:
* :
Ulangan Harian
Mengetahui,
Bondowoso,
10 Juli 2018
Kepala
SMAN 1 Prajekan Guru Mata Pelajaran Fisika,
Drs. Misyari
Edy Widodo, S.Pd
NIP.
19590520 199003 1 005 NIP.
19690624 919512 1 002
Silabus
Satuan Pendidikan : SMA
N 1 Prajekan
Semester/Kelas :
Genap/XI
Mata Pelajaran :
Fisika
Kompetensi Inti :
1.
Menghayati dan
mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2.
Menunjukkan perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran,
damai), santun, responsif dan pro-aktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian
dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa
dalam pergaulan dunia.
3.
Memahami, menerapkan,
dan menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni,
budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan
peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan
prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya
untuk memecahkan masalah.
4.
Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari
yang dipelajarinya di sekolah secara
mandiri, bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan
metoda sesuai kaidah keilmuan.
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
3.7 Menganalisis
perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan Hukum Termodinamika.
4.7 Membuat karya/model penerapan
Hukum I dan II Termodinamika, dan makna fisisnya.
|
Bab
7
Hukum
Termodinamika
|
●
Mengamati
proses pengukuran suhu suatu benda dengan menggunakan termometer atau melihat
tayangan video pengukuran suhu badan dengan termometer (Hukum ke-Nol),
gerakan piston pada motor bakar (Hukum I Termodinamika), dan entropi
●
Mendiskusikan
hasil pengamatan terkait Hukum ke-Nol, Hukum I dan II Termodinamika dan memecahkan
masalah tentang siklus mesin kalor, siklus Carnot sampai dengan teori
Clausius Clayperon), entropi
●
Menyimpulkan
hubungan tekanan (P), volume (V) dan suhu (T) dari mesin kalor dan siklus
Carnot dalam diagram P-V
●
Mempresentasikan
hasil penyelesaian masalah tentang siklus mesin kalor, siklus Carnot sampai
dengan teori Clausius-Clayperon, grafik p-V dari siklus mesin kalor dan mesin
Carnot
|
3.8 Menganalisis karakterisitik gelombang mekanik.
4.8 Mengajukan
gagasan penyelesaian masalah tentang karakteristik gelombang mekanik misalnya
pada tali.
|
Bab
8
Gelombang
Mekanik
|
● Mengamati peragaan gejala gelombang
(pemantulan, pembiasan, difraksi dan interferensi, dan polarisasi) dengan
menggunakan tanki riak, tayangan berupa foto/video/animasi
|
3.9 Menganalisis besaran-besaran fisis gelombang berjalan dan gelombang stasioner
pada berbagai kasus nyata.
4.9 Melakukan
percobaan gelombang berjalan dan gelombang stasioner, beserta presentasi
hasil dan makna fisisnya.
|
Bab 9
Gelombang
Berjalan dan Gelombang Stasioner
|
● Mengamati
demonstrasi menggunakan slinki/ tayangan video/animasi tentang
gelombang berjalan
● Mendiskusikan persamaan- persamaan gelombang berjalan,
gelombang stasioner
● Mendemonstrasikan dan atau melakukan percobaan Melde untuk menemukan hubungan cepat rambat
gelombang dan tegangan tali secara berkelompok
● Mengolah data dan menganalisis hasil percobaan
Melde untuk menemukan hubungan cepat rambat gelombang dan tegangan tali.
● Membuat laporan tertulis hasil praktikum dan
mempresentasikannya
|
3.10 Menerapkan konsep dan prinsip
gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi.
4.10 Melakukan percobaan tentang
gelombang bunyi dan/atau cahaya, berikut presentasi hasil dan makna fisisnya
misalnya sonometer, dan kisi difraksi.
|
Bab 10
Gelombang
Bunyi
Bab 11
Gelombang Cahaya
|
● Mengamati foto/video/animasi tentang
pemeriksaan janin dengan USG, penggunaan gelombang sonar di laut, bunyi dan permasalahannya,
karakteristik cahaya, difraksi, dan interferensi.
● Mendiskusikan tentang cepat rambat bunyi, azas
Doppler, intensitas bunyi, difraksi kisi, interferensi
● Melaksanakan percobaan untuk menyelidiki
fenomena dawai dan pipa organa, menyelidiki pola difraksi, dan interferensi
● Presentasi hasil diskusi tentang cepat rambat
bunyi, azas Doppler, intensitas bunyi, dawai, pipa organa, difraksi kisi dan
interferensi
|
3.11 Menganalisis cara kerja alat optik
menggunakan sifat pemantulan dan
pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa.
4.11 Membuat karya
yang menerapkan prinsip pemantulan dan/atau pembiasan pada cermin dan lensa.
|
Bab 12
Alat-Alat
Optik
|
● Mengamati gambar/video/animasi penggunaan alat
optik seperti kacamata/lup pada tukang reparasi arloji, teropong, melalui studi pustaka untuk mencari
informasi mengenai alat-alat optik dalam kehidupan sehari-hari
● Menganalisis tentang prinsip pembentukan
bayangan dan perbesaran pada kaca mata, lup, mikroskop, teleskop dan kamera
● Membuat teropong sederhana secara berkelompok
● Presentasi kelompok tentang hasil merancang
dan membuat teropong sederhana
|
3.12 Menganalisis gejala pemanasan global dan dampaknya bagi
kehidupan serta lingkungan.
4.12 Mengajukan
ide/gagasan penyelesaian masalah gejala pemanasan global dan dampaknya bagi
kehidupan serta lingkungan
|
Bab 13
Pemanasan
Global
|
● Mengamati tayangan melalui artikel/foto/video
tentang dampak pemanasan global yang didukung dengan informasi dari berbagai sumber, aktifitas manusia
yang mengakibatkan berbagai dampak pemanasan global, efek rumah kaca, dan
perubahan iklim
● Mendiskusikan dan menganalisis fenomena
pemanasan global, efek rumah kaca, perubahan iklim serta dampak yang
diakibatkan bagi manusia, hasil-hasil
kesepakatan Global IPCC, Protokol
Kyoto, dan APPCDC
● Membuat laporan dan presentasi hasil kerja
kelompok.
|
Keterangan:
* :
Ulangan Harian
Mengetahui,
Bondowoso,
10 Juli 2018
Kepala
SMAN 1 Prajekan Guru Mata Pelajaran Fisika,
Drs. Misyari
Edy Widodo, S.Pd
NIP.
19590520 199003 1 005 NIP.
19690624 919512 1 002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar