Program Tahunan
Satuan Pendidikan : SMA N 1 Prajekan
Kelas : XI
Mata Pelajaran : Fisika
Kompetensi Inti :
3. Memahami, menerapkan, dan menganalisis
pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif berdasarkan rasa
ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah
konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya
di sekolah secara mandiri, bertindak
secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah
keilmuan.
Semester
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
3.1 Menerapkan konsep torsi, momen
inersia, titik berat, dan momentum sudut pada benda tegar (statis dan
dinamis) dalam kehidupan sehari-hari.
4.1 Membuat karya yang menerapkan konsep titik
berat dan kesetimbangan benda tegar
|
Bab 1
Keseimbangan dan Gerak Rotasi
A. Kinematika Gerak
Rotasi
B. Dinamika Gerak Rotasi
C. Keseimbangan Benda
Tegar
D.
Titik Berat Benda
|
16*
JP
(16 × 45 menit = 4P)
|
|
3.2 Menganalisis
sifat elastisitas bahan dalam kehidupan sehari hari.
4.2 Melakukan
percobaan tentang sifat elastisitas suatu bahan berikut presentasi hasil dan
makna fisisnya.
|
Bab 2
Elastisitas dan Hukum Hooke
A. Sifat Elastisitas
Bahan
B. Sifat Elastisitas
Pegas
C.
Susunan Pegas
|
4*
JP
(4 × 45 menit = 1P)
|
|
3.3 Menerapkan hukum-hukum fluida
statik dalam kehidupan sehari-hari.
4.3
Merencanakan dan melakukan percobaan
yang memanfaatkan sifat-sifat fluida statik, berikut presentasi hasil dan
makna fisisnya.
|
Bab 3
Fluida Statik
A. Tekanan Hidrostatik
B. Hukum Pascal
C. Hukum Archimedes
D. Tegangan Permukaan dan
Meniskus
E. Kapilaritas
F.
Viskositas dan Hukum Stokes
|
8* JP
(8 × 45 menit = 2P)
|
|
3.4 Menerapkan prinsip
fluida dinamik dalam teknologi.
4.4
Membuat dan menguji proyek sederhana yang menerapkan prinsip
dinamika fluida, dan makna fisisnya.
|
Bab 4
Fluida Dinamik
A. Fluida Ideal
B. Persamaan Kontinuitas
C.
Hukum Bernoulli
|
8* JP
(8 × 45 menit = 2P)
|
|
3.5 Menganalisis pengaruh kalor dan perpindahan
kalor yang meliputi karakteristik termal suatu bahan, kapasitas, dan
konduktivitas kalor pada kehidupan sehari-hari.
4.5
Merencanakan dan melakukan percobaan tentang karakteristik termal
suatu bahan, terutama terkait dengan kapasitas dan konduktivitas kalor,
beserta presentasi hasil dan makna fisisnya.
|
Bab 5
Suhu, Kalor, dan Perpindahan Kalor
A. Pengaruh Kalor
terhadap Zat
B. Asas Black
C. Pemuaian Zat
D.
Perpindahan Kalor
|
16*
JP
(16
× 45 menit = 4P)
|
|
3.6 Memahami teori kinetik gas dan
karakteristik gas pada ruang tertutup.
4.6 Mempresentasikan laporan
hasil pemikiran tentang teori kinetik
gas, dan makna fisisnya.
|
Bab 6
Teori Kinetik Gas
A. Persamaan Gas Ideal
B.
Teori Kinetik Gas Ideal
|
8*
JP
(8 × 45 menit = 2P)
|
|
3.7 Menganalisis
perubahan keadaan gas ideal dengan menerapkan Hukum Termodinamika.
4.7 Membuat karya/model penerapan
Hukum I dan II Termodinamika, dan makna fisisnya.
|
Bab 7
Hukum Termodinamika
A. Usaha dan Berbagai
Proses dalam Termodinamika
B. Hukum I Termodinamika
C.
Hukum II Termodinamika
|
12* JP
(12 × 45 menit = 3P)
|
|
Genap
|
3.8 Menganalisis karakterisitik
gelombang mekanik.
4.8
Mengajukan gagasan penyelesaian
masalah tentang karakteristik gelombang mekanik misalnya pada tali.
|
Bab 8
Gelombang Mekanik
A. Pengertian Gelombang
B. Karakteristik
Gelombang Mekanik
C. Jenis-Jenis Gelombang
Mekanik
D. Gelombang pada
Permukaan Air
E. Gelombang Seismik
F. Kecepatan Perambatan
Gelombang Mekanik
G.
Sifat-Sifat Gelombang Mekanik
|
12* JP
(12 × 45 menit = 3P)
|
3.9 Menganalisis besaran-besaran
fisis gelombang berjalan dan gelombang
stasioner pada berbagai kasus nyata.
4.9
Melakukan percobaan gelombang
berjalan dan gelombang stasioner, beserta presentasi hasil dan makna
fisisnya.
|
Bab 9
Gelombang Berjalan dan Gelombang Stasioner
A. Mengenal Gelombang
Berjalan dan Gelombang Stasioner
B. Gelombang Berjalan
C.
Gelombang Stasioner
|
8* JP
(8 × 45 menit = 2P)
|
|
3.10 Menerapkan
konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi.
4.10 Melakukan
percobaan tentang gelombang bunyi dan/atau cahaya, berikut presentasi hasil
dan makna fisisnya misalnya sonometer, dan kisi difraksi.
|
Bab 10
Gelombang Bunyi
A. Karakteristik
Gelombang Bunyi
B. Sumber dan Kecepatan
Gelombang Bunyi
C. Efek Doppler
D. Pelayangan
E. Intensitas dan Taraf
Intensitas Bunyi
F.
Pemanfaatan Gelombang Ultrasonik
|
12* JP
(12 × 45 menit = 3P)
|
|
3.10 Menerapkan
konsep dan prinsip gelombang bunyi dan cahaya dalam teknologi.
4.10 Melakukan
percobaan tentang gelombang bunyi dan/atau cahaya, berikut presentasi hasil
dan makna fisisnya misalnya sonometer, dan kisi difraksi.
|
Bab 11
Gelombang Cahaya
A. Pemantulan Cahaya
B. Pembiasan Cahaya
C. Dispersi Cahaya
D. Difraksi dan
Interferensi Cahaya
E. Polarisasi Cahaya
F.
Teknologi LCD dan LED
|
16* JP
(16 × 45 menit = 4P)
|
|
3.11 Menganalisis
cara kerja alat optik menggunakan sifat
pemantulan dan pembiasan cahaya oleh cermin dan lensa.
4.11 Membuat karya yang menerapkan prinsip pemantulan dan/atau
pembiasan pada cermin dan lensa.
|
Bab 12
Alat-Alat Optik
A. Mata
B. Kamera
C. Lup (Kaca Pembesar)
D. Mikroskop
E. Teropong
F.
Teleskop Radio
|
8* JP
(8 × 45 menit = 2P)
|
|
3.12 Menganalisis gejala pemanasan
global dan dampaknya bagi kehidupan serta lingkungan.
4.12 Mengajukan ide/gagasan penyelesaian masalah gejala
pemanasan global dan dampaknya bagi kehidupan serta lingkungan
|
Bab 13
Pemanasan Global
A. Efek Rumah Kaca
B. Penyebab Terjadinya
Pemanasan Global
C. Dampak Pemanasan
Global
D. Pencegahan Pemanasan
Global
E.
Pengendalian Pemanasan Global
|
8* JP
(8 × 45 menit = 2P)
|
|
|
136 JP = 34 P
1 JP = 45 menit
|
Keterangan:
* : Ulangan Harian
Mengetahui,
Bondowoso, 10 Juli 2018
Kepala
SMAN 1 Prajekan Guru Mata Pelajaran
Fisika,
Drs.
Misyari
Edy Widodo,
S.Pd
NIP.
19590520 199003 1 005
NIP. 19690624 919512 1 002
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar